Search in This Blog

Senin, 08 April 2013

Fatwa Ulama: Menunda Qodho’ Puasa Sampai Lewat Tahun Berikutnya

Fatwa Syaikh Dr. Sholih bin Fauzan bin ‘Abdillah Al Fauzan hafizhohullah
Soal:
Siapa yang mengakhirkan qodho’ puasa Ramadhan yang lalu karena sebab yang syar’i dan dalam keadaan sehat, apa hukum mengakhirkan seperti ini dan apa yang mesti ia lakukan?
Jawab:
Boleh menunda qodho’ puasa jika ada udzur dan qodho’ tersebut tetap harus dipenuhi. Namun jika diakhirkan tanpa ada udzur hingga datang Ramadhan yang baru, maka ia lakukan puasa Ramadhan pada saat itu. Jika sudah selesai, maka ia mengqodho’ puasa Ramadhan yang luput. Kemudian di samping mengqodho’, ia juga harus memberikan makan sebagai kafaroh kepada orang miskin setiap hari yang ditinggalkan tanpa udzur.
??????:?? ???? ?? ???? ??? ????? ?????? ?????? ????? ????? ?? ??? ??? ??????? ????? ???????????: ???? ??????? ????? ????? ??????? ?????? ?? ?? ???? ???? ??? ??? ?? ??? ??? ??? ??? ???? ????? ??????? ???? ????? ?????? ???? ????? ???? ?? ???? ?? ????? ?????? ????? ?? ?????? ????? ????? ?? ?? ??? ????? ?? ??????? ???? ???.
Sumber fatwa: http://alfawzan.af.org.sa/node/14432
* Syaikh Sholih Al Fauzan adalah ulama senior dan sekaligus menjadi anggota Hay-ah Kibaril Ulama dan anggota Komisi Fatwa Kerajaan Saudi Arabia saat ini.

Penerjemah: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel Muslim.Or.Id
Anda diperkenankan untuk menyebarkan, re-publikasi, copy-paste atau mencetak artikel yang ada di muslim.or.id dengan menyertakan muslim.or.id sebagai sumber artikel
View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog ini terbebas dari yang namanya CAPTHA. Jadi berkomentarlah dengan baik dan gunakan kata-kata yang sopan. Jangan SPAM, SARA, ataupun PORN.